2 Jenis Vaksin Kucing yang Harus Diberikan 2 Kali

Vaksinasi adalah sebuah tindakan pemberian vaksin ke dalam tubuh yang bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit. Vaksinasi berarti pemberian vaksin ke dalam tubuh kucing. Vaksin akan melindungi kucing Anda dari berbagai penyakit. Lantas berapa kalikah vaksinasi kucing perlu diberikan? Yuk! Simak ulasan berikut ini.

Mengapa Vaksin Diberikan Dua kali? 

Vaksinasi Kucing

Ada beberapa penyebab kenapa vaksin kucing perlu diberikan dua kali yaitu penyebab pertama, karena setelah pemberian vaksin pertama pada anak kucing maka kekebalannya akan meningkat hingga mencapai puncaknya pada saat kucing berusia dua minggu. Kemudian tingkat kekebalan kucing tersebut akan menurun kembali pada waktu minggu ke empat.

Penyebab kedua, karena sistem kekebalan aktif yang berasal dari tubuh anak kucing belum kuat sehingga jumlah antibodi yang dihasilkan dari vaksin pertama belum mencukupi jumlah kebutuhan antibodi bagi tubuh kucing. Oleh karena itu perlu dilakukan vaksin ulang kepada kucing Anda yang dilakukan sekitar 1 bulan setelah vaksin pertama.

Manfaat dari vaksinasi ulang yang dilakukan akan membuat kekebalan kucing Anda meningkat kembali hingga tingkat kekebalannya menjadi dua kali lebih kebal. Vaksin ulang juga akan menyebabkan jumlah antibodi di dalam tubuh kucing menjadi lebih banyak dalam waktu yang relatif lebih cepat dari pada vaksin yang dilakukan pertama kali.

Jumlah antibodi dalam tubuh kucing yang terbentuk pada vaksin kedua biasanya cukup untuk melindungi kucing dari penyakit yang menyerang tubuhnya. Setelah pemberian vaksin kedua biasanya waktu berkurangnya antibodi jauh lebih lama dari pada saat pemberian vaksin yang pertama.

Vaksinasi perlu dilakukan ulang dalam jarak 1 bulan terlebih untuk anak kucing Anda yang berumur kurang dari 6 bulan (<1 tahun) dikarenakan tingkat kekebalan anak kucing yang berumur kurang dari 6 bulan lebih rentang terserang penyakit. Ketika anak kucing baru pertama kali diberikan vaksin maka antibodi tubuh tidak dengan segera terbentuk dalam tubuh kucing.

Apa Saja Jenis Vaksin yang Diberikan Dua kali kepada Kucing Anda?

  1. Vaksin Tricat

Vaksin tricat merupakan vaksin yang berfungsi untuk melindungi kucing Anda dari tiga penyakit berbahaya yaitu feline panleukopenia (FPV atau FPL), feline viral rhinotracheitis (FVR) dan feline calcivirus disease (FCV).

Ketiga penyakit ini mempunyai gejala yang sama yaitu demam yang bahkan bisa menyebabkan kematian mendadak terutama pada anak kucing Anda. Sebelum memberikan vaksin, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap kucing Anda dan biasanya setelah diberikan vaksin Anda akan mendapatkan obat cacing untuk kucing Anda.

  1. Vaksin Tetracat

Vaksin tetracat merupakan vaksin yang berfungsi untuk melindungi kucing Anda dari  penyakit Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, dan Clamydia. Vaksin ini memilki tambahan fungsi untuk mengatasi virus chlamydia yaitu virus yang disebabkan oleh bakteri yang akan menyerang sistem pernapasan kucing Anda.

Jenis vaksin ini diberikan pada kucing Anda pertama kali saat berumur 8-9 minggu
dan diberikan kembali saat berumur 12-14 minggu. Anda perlu melakukan vaksinasi terhadap kucing untuk bisa mencegah kucing Anda terjangkit berbagai penyakit menular yang berpotensi membahayakan.

Anda tentu selalu mengharapkan kucing Anda terawat dan sehat. Maka untuk itu Anda haruslah berusaha untuk menjaga kebersihan kendang kucing, tempat kotorannya, hingga memperhatikan asupan makanannya dengan memberikan makanan yang bergizi seperti kandungan gizi yang ada pada Whiskas agar asupan gizi yang dibutuhkan kucing Anda tercukupi.

Selain itu Anda bisa melakukan perawatan tambahan kepada kucing Anda dengan membawa kucing kesayangan Anda bertemu dengan dokter untuk bisa diberikan vaksinasi dan juga multivitamin. Sebab sama seperti manusia, kucing peliharaan pun bisa saja mengalami sakit hingga badannya kurus dan lemas tanpa bisa diduga kapan penyakit itu akan datang menyerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *