5 Menu Masakan Dari Daging Hewan Qurban Yang Nikmat, Sedap Dan Praktis

Tanggal 22 Agustus 2018 nanti, bisa dipastikan menu santapan selama beberapa hari tidak jauh dari menu daging, baik daging sapi ataupun kambing. Kenapa? Ya karena pada hari itu adalah hari raya Idul Adha yang mana akan ada penyembelihan hewan qurban dan pembagian dagingnya. Untunglah, di Indonesia sangat beragam menu atau olahan makanan yang berasal dari daging. Sudah ada rencana atau menu pilihan untuk hari raya??? Jika masih bingung mau dimasak apa daging hewan qurban nanti, di bawah ini ada beberapa menu masakan yang berbahan dasar dari daging kambing dan sapi, semuanya lezat dan nikmat lho…!

1.       Sate

Sate

Menu sate merupakan salah satu menu yang paling sering dipilih oleh banyak orang untuk mengolah daging hasil dari pembagian hewan qurban. Untuk membuat sate, daging harus dipotong kecil-kecil terlebih dahulu lalu ditambahkan aneka bumbu agar rasanya semakin sedap. Kemudian potongan daging yang sudah berbumbu ditusuk menggunakan batang lidi atau bambu, setelah itu baru dibakar di atas bara. Ketika sate sudah matang, bisa ditambahkan dengan saos kacang atau kecap dengan tambahan irisan bawang merah dan acar. Sate biasanya disantap dengan lontong nasi atau bisa juga langsung dicicipi tanpa tambahan apapun.

2.       Gulai

Untuk olahan daging sapi dari hewan qurban yang dibagikan, bisa dibuat menjadi masakan gulai. Bumbu yang digunakan mirip dengan bumbu masak kare hanya saja ada beberapa tambahan. Sangat kaya akan rempah-rempah dan rasanya sudah pasti nikmat. Salah satu campuran dalam pembuatan menu gulai ini adalah kuah santan yang kental, sehingga saat gulai sudah dalam keadaan matang, kuah santan yang menyatu dengan bumbu dan daging sapi, akan mengeluarkan aroma sedap. Untuk jenis menu satu ini, sebaiknya lebih dikontrol oleh para penderita penyakit maag, kolesterol, asam urat dan darah tinggi, karena penggunaan bahan daging sapi dan santan yang bersamaan memang berpotensi mengakibatkan penyakit yang diderita menjadi kambuh atau tambah parah.

3.       Tengkleng

Usai pembagian daging hewan qurban, biasanya banyak terdapat sisa-sisa berupa tulang dan jeroan, bagian ini bisa diolah menjadi menu masakan berupa tengkleng. Tengkleng ini merupakan salah satu masakan yang berasal dari daerah Solo, Jawa Tengah. Dari segi bumbu, tidak jauh berbeda dengan gulai, hanya saja pada proses pengolahan tulang dan jeroan, diolah secara khusus agar rasanya lebih nikmat dan teksturnya empuk. Kuahnya lebih bening jika dibandingkan dengan menu gulai karena tidak menggunakan santan sebagai bahan campuran kuah. Tengkleng paling nikmat disantap saat sedang dalam keadaan hangat bersama nasi.

4.       Empal

Jika ingin menu olahan daging yang lebih praktis namun tetap nikmat disantap bersama nasi, bisa memilih untuk mencoba menu empal daging. Daging yang sudah dipotong dengan ukuran sedang, kemudian direbus bersama bumbu agar merasap ke dalam daging, setelah itu daging bisa digoreng kapanpun diperlukan. Jadi, setelah daging direbus, bisa disimpan selama beberapa hari dalam kulkas, jika ingin menyantapnya, tinggal goreng saja daging tadi. Menu ini sangat cocok bagi yang tidak punya banyak waktu luang untuk memasak menu yang ribet.

5.       Sup Daging

Jika biasanya sup disajikan bersama potongan daging ayam, maka saat di rumah sedang ada stok daging, entah itu kambing ataupun sapi, bisa mengolahnya sebagai bahan campuran dalam sup. Rasanya tentu tidak kalah nikmat dibandingkan dengan sup ayam. Sup daging bisa disantap saat makan siang ataupun makan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *