Blusukan, Jadikan Jokowi Presiden Terpopuler Di Dunia

Blusukan, Jadikan Jokowi Presiden Terpopuler Di Dunia

Jauh sebelum menjadi Orang Nomor satu di Indonesia Presiden Joko Widodo memang sudah dikenal sering melakukan blusukan. Hingga dimasa akhir jabatannya menjadi Presidenpun Jokowi tetap melakukan blusukan baik kepasar tradisional, perkampungan kumuh, perumahan sederhana di sepanjang sungai dan semacamnya. Kunjungan yang demikian tentu saja ada yang pro dan kontra, apalagi kalau Jokowi Blusukan diakhir masa jabatannya sebagai presiden dan masih mencalonkan diri untuk priode kedua, banyak yang menganggap ini sebagai pencitraan belaka.

Jokowi Blusukan

Diberbagai kesempatan jokowi juga banyak menjelaskan bahwa kegiatannya masuk kedaerah-daerah yang sering disebut blusukan itu punya banyak manfaat bagi keberlangsungan pembangunan di Indonesia. Pasalnya blusukan bisa dijadikan sebagai manajemen kontrol atas pembangunan di daerah. Dengan blusukan ia bisa memastikan dan melihat langsung progres pembangunan, itu karena Jokowi adalah Presiden yang tidak ingin hanya menerima laporan dari bawahan lantas percaya begitu saja.

Selain sebagai sarana manajemen kontrol, Blusukan ala Jokowi ini juga salah satu cara mendengar langsung keluhan warga khususnya dipelosok yang jauh daria perkotaan. Jokowi beranggapan yang paling penting saat menjadi Kepala Negara adalah harus bisa mendengar keluhan masyarakat terutatama diakar rumput agar pembangunan bisa lebih terarah dan tepat sasaran.

Seorang pemimpin yang blusukan secara langsung juga bisa merasakan apa yang dirasakan warga atau masyarakat. Hasil daripada blusukan akan dijadikan bahan untuk mengambil keputusan atau kebijakan sesuai dengan fakta-fakta objektif yang diperolehnya selama blusukan.

Tak dipungkiri ciri khas blusukan Jokowi ini membuat namanya menjadi mentereng dimata dunia, ada banyak pemimpin negara lain, baik asia hingga dunia yang memuji keberhasilan Presiden Indonesia yang satu ini. Selain pujian dari pemimpin negara lain. Jokowi juga banyak mendapat predikat ditingkat dunia.

Yang terbaru PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) mendapat predikat pemimpin terpopuler versi GZero Media. Jokowi meraih suara 71% mengalahkan ketenaran Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Selain itu beberapa waktu lalu Jokowi juga pernah mendapat predikat Presiden Paling banyak disukai diFacebook.

Dimasa kepemimpinan Presiden Jokowi Indonesia pun menjadi salah satu negara yang diperhitungkan sekarang ini, pasalnya banyak media asing berskala dunia yang gemar mebahasnya. Bahkan majalah terkemuka Amerika Serikat, FORTUNE memasukkan nama Joko Widodo itu sebagai salah satu dari 50 pemimpin terhebat dunia. Jokowi sebelumnya pernah masuk dalam daftar 25 walikota terbaik sedunia dalam rilis yang dipublikasikan The City Mayors Foundation, London, Inggris. Pria berusia 53 tahun itu juga meraih peringkat 3 sebagai walikota terbaik dunia versi situs worldmayor.com.

Kinerja Jokowi juga beberapa kali masuk laporan media asing. Seperti New York Times yang melaporkan blusukan Jokowi lewat artikel bertajuk, “In Indonesia, a Governor at Home on the Streets”. Sosok Jokowi dikenal sebagai pengusaha yang rendah hati. Sikapnya yang toleran juga menarik perhatian banyak orang. Maka, tidak heran, dalam ulasan Time dia mendapat pujian dari Mantan Presiden Bank Dunia, Paul Wolfowitz.

Selain media asing berskala dunia, Indonesia dimasa kepepimpinan Jokowi juga banyak mendapat pujian dari beberapa Pemimpin Negara laian, mulai dari Trump presiden Amerika Serikat yang menilai telah terjadi perubahan yang luar biasa di Indonesia. Selain itu, dia menekankan bahwa negara-negara di Asia Pasifik harus menjadi lebih terbuka dan bebas dalam perdagangan dunia. Indonesia selama beberapa dekade telah membangun institusi domestik dan demokratis untuk mengelola wilayah luas yang terdiri dari 17 ribu pulau.

Sementara, pujian lain datang dari Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe yang memuji iklim investasi Indonesia karena semakin kondusif sejak beberapa tahun terakhir. Pernyataan ini disampaikannya langsung kepada Jokowi dalam pertemuan bilateral di Hotel Diamond, Manila, Filipina. Shinzo Abe dan Jokowi melakukan pertemuan bilateral sekaligus mempersiapkan berbagai kegiatan bersama menjelang tahun 2019 sebagai puncak perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang. Tentunya sebagai masyarakat Indonesia, kita bangga memiliki Presiden seperti Joko Widodo.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *