Ciri-ciri Orang Hamil Dilihat dari Fisik dan Kebiasaannya

Ciri-ciri Orang Hamil Dilihat dari Fisik dan Kebiasaannya

Saat menunggu datangnya berita bahagia akan kehamilan, merupakan saat yang mendebarkan. Apalagi saat menunggu datangnya buah hati yang pertama. Mendapatkan berita bahagia tersebut selalu menjadi penantian bagi pasangan yang segera ingin punya momongan. Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah istri sudah mengandung buah hati atau belum adalah dengan menggunakan test pack yang dapat mendeteksi kehamilan menggunakan cairan urine wanita. namun jika Anda kesulitan mendapatkan test pack atau tak ingin memakainya, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri orang hamil yang bisa Anda jadikan patokan sementara:

1. Payudara membesar.
Memasuki masa kehamilan, payudara ibu akan membesar karena hormon estrogen dan progesteron telah mulai membentuk payudara sebagai persiapan kantung ASI. perubahan terlihat dari puting susu yang semakin membesar dan menghitam. Selain itu pemulih darah vena juga terlihat lebih jelas dibandingkan sebelumnya. Tak seperti saat menjelang menstruasi yang membuat payudara membesar namun keras, payudara ibu saat hamil membesar namun lebih lunak.

2. Mual muntah.
Di trimester pertama, hormon HCG akan mengalami pembentukan yang meningkat secara signifikan. Hal ini membuat tubuh bereaksi dengan gejala mual serta muntah. Setelah tubuh terbiasa dengan adanya hormon tersebut di trimester kedua, gejala mual dan muntah akan menghilang. Sering disebut sebagai morning sickness karena gejala ini sering terjadi di pagi hari, namun juga bisa terjadi di siang atau malam hari.

3. Mudah lelah dan sering mengantuk.
Kondisi hormonal ibu hamil akan menyebabkannya cepat lelah dan sering mengantuk. Selain itu ciri-ciri orang hamil ini juga bisa disebabkan karena kerja jantung, ginjal dan paru yang bertambah seiring dengan perkembangan janin di dalam kandungan.

4. Swing mood.
Perubahan hormonal yang naik turun juga membuat emosi ibu sering tak terkendali. Sering kali ibu hamil merasa sedih tanpa sebab yang jelas, namun sesaat kemudian ia bisa tertawa dengan sendirinya. Hal ini lebih sering terjadi di pagi hari meski tak menutup kemungkinan terjadi di siang atau malam hari.

5. Sering buang air kecil.
Selain karena meningkatnya hormon kehamilan, ibu hamil juga akan sering buang air karena kandungan yang semakin menekan kandung kemih. Hal ini membuat ibu lebih sering buang air kecil meski dengan volume yang sedikit.

6. Ngidam.
Ngidam atau ingin makan makanan tertentu bisa menjadi ciri ibu hamil terutama di bulan-bulan pertamanya. Hal ini juga terjadi karena pengaruh hormonal meski bisa jadi makanan tersebut tidak dimakan oleh ibu karena merasa tidak enak di bagian perut.

7. Sakit punggung.
Punggung yang sering merasa sakit juga bisa menjadi ciri kehamilan di awal trimester. Hal ini juga dipengaruhi oleh hormon selain dari persiapan rahim untuk menyambut embrio.

8. Flek darah.
Sering kali mengeluarkan flek berupa darah atau keputihan juga menjadi ciri kehamilan di trimester awal.

Setelah Anda mendapatkan beberapa ciri di atas sebaiknya segera memastikannya dengan cara membeli test pack. Setelah menggunakan test pack dan hasilnya adalah positif, segeralah mengunjungi dokter kebidanan dan kandungan untuk memeriksakan kehamilan Anda. Jika test peck ternyata negatif pun tak ada salahnya untuk tetap kontrol ke dokter karena test pack juga tidak menjamin 100% keakuratan hasilnya. Ciri-ciri orang hamil di atas bisa berbeda-beda tergantung wanita yang mengandung tersebut karena faktor hormonal tiap-tiap orang tidaklah sama.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *