Ketika Sparepart Motor Harus Diganti? Lakukan 5 Hal Ini!

Ketika Sparepart Motor Harus Diganti? Lakukan 5 Hal Ini!

Sparepart motor terdiri dari banyak jenis yang bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Setiap sparepart menjalankan fungsi yang berbeda namun pada dasarnya sama-sama mendukung sebuah motor agar bisa berjalan dengan lancar. Pengendara sepeda motor wajib hukumnya memperhatikan kondisi sparepart agar motor tetap nyaman digunakan.

Spare Part

Motor adalah jenis kendaraan yang sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Motor sangat cocok dipakai berkendara sehari-hari baik dalam jarak jauh maupun dekat. Demi menjaga performa motor anda, maka penting sekali untuk melakukan pemeriksaan rutin agar anda bisa mengetahui kondisi motor anda secara keseluruhan.

Pemeriksaan motor rutin bisa anda lakukan di bengkel terdekat. Di sana, motor akan diperiksa secara keseluruhan. Melalui pemeriksaan rutin tersebut, anda bisa tahu jika ada bagian atau sparepart motor yang rusak dan harus segera diganti. Jika memang sparepart sudah rusak maka secepatnya harus diganti tanpa menunda lagi.

Ganti Sparepart

Tahukah anda bahwa keamanan berkendara juga ditentukan oleh performa kendaraan yang anda pakai. Coba bayangkan bagaimana jika anda berkendara menggunakan sepeda motor yang sparepart-nya sudah rusak dan tidak layak digunakan. Anda tentu tidak akan merasa nyaman saat berkendara.

Lebih dari itu, berkendara dengan motor yang sparepart-nya sudah tidak layak juga bisa berbahaya. Bahkan banyak kasus kecelakaan terjadi karena kondisi motor yang tidak prima akibat sparepart yang rusak. Karena itulah, jika memang sudah dianjurkan untuk mengganti sparepart maka jangan menunda lagi untuk menggantinya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan jika anda harus mengganti sparepart motor anda :

  1. Pilih Sparepart Original

Pilihlah produk sparepart yang original. Seperti kita tahu bahwa sekarang ini ada banyak produk sparepart palsu yang beredar di pasaran. Jangan sampai anda menggunakan produk yang palsu karena bisa berpengaruh pada performa kendaraan. Selain itu, sparepart palsu juga bisa lebih cepat rusak alias tidak awet.

Agar tidak terjebak membeli sparepart yang palsu, anda bisa membeli langsung di dealer resmi motor anda. Selain itu, anda juga bisa meminta rekomendasi orang lain agar bisa menemukan produk sparepart yang original. Perhatikan produk begitu anda membelinya dan pastikan bahwa sparepart yang anda beli adalah barang asli.

  1. Beli Sparepart Bekas

Jika sparepart baru yang original dirasa terlalu mahal maka jangan bersedih. Anda masih bisa membeli sparepart yang bekas pakai. Walaupun bekas pakai, banyak produk sparepart yang masih berkualitas dan masih aman untuk digunakan. Sebaiknya, tanyakan dulu kepada ahlinya jika anda ingin membeli sparepart bekas seperti ban atau lampu misalnya.

  1. Pemasangan di Tempat Ahli

Setelah mendapatkan produk sparepart yang dibutuhkan maka anda bisa segera melakukan pemasangan sparepart di tempat yang seharusnya. Mintalah teknisi ahli untuk memasang sparepart agar tidak terjadi kesalahan. Kalau sampai sparepart tidak dipasang dengan benar maka bisa menimbulkan bahaya bagi pengendara.

Anda bisa mengunjungi dealer resmi motor anda untuk melakukan servis rutin dan penggantian sparepart. Setelah sparepart resmi diganti, jangan lupa untuk selanjutnya anda harus melakukan pemeriksaan kendaraan secara rutin demi memastikan kondisi kendaraan anda baik-baik saja dan siap digunakan untuk berpergian.

Itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda harus mengganti sparepart motor anda. Dengan mengganti sparepart yang rusak, maka anda bisa kembali merasakan kenyamanan berkendara. Sepeda motor tentunya bisa berjalan dengan lebih baik karena sparepart yang digunakan telah diganti baru dan dijamin original.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *