5 Cara Mengatasi Bintik Merah pada Bayi

Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga rentan timbul bintik merah pada bayi. Itulah kenapa Anda perlu melakukan perawatan yang tepat pada bayi dengan menggunakan berbagai perlengkapan perawatan kulit bayi. Namun tidak jarang gangguan kulit yang satu ini tetap muncul meski Anda sudah memberikan perawatan terbaik untuk si kecil.

Bintik Merah Pada Bayi

Apabila mendapati bintik merah pada bayi, maka Anda disarankan untuk segera mengatasinya. Ini penting dilakukan agar bayi tidak rewel dan tidak berisiko memperparah kondisi kulit bayi.  Berikut ini cara yang bisa Anda terapkan sebagai upaya mengatasi bintik merah yang muncul di permukaan kulit bayi.

  1. Lotion Pelembap Kulit

Cara yang paling mudah dan cepat dengan menggunakan lotion pelembap kulit. Anda tinggal memilih produk yang aman untuk digunakan pada bayi dengan kriteria telah teruji secara klinis. Lotion ini digunakan untuk memberikan kelembapan kepada kulit bayi karena bintik-bintik pada kulit bayi dapat terjadi karena kondisi yang panas atau pun kering.

Lotion bisa Anda oleskan kepada kulit bayi secara merata secara rutin. Oleskan lotion setelah bayi selesai mandi pagi dan sore hari. Gunakan juga pada malam hari agar masalah bintik merah di kulitnya lebih cepat teratasi.

  1. Sabun Hipoalergenik

Bintik merah pada kulit bayi dapat disebabkan karena ketidakcocokan dengan sabun yang Anda gunakan padanya. Kulit bayi yang sensitif akan bereaksi ketika ada kandungan sabun mandi yang tidak aman. Ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik merah.

Ketika masalah ini terjadi, hentikan pemakaian sabun dan ganti dengan sabun hipoalergenik. Sabun ini aman digunakan untuk bayi dan biasanya memang merupakan sabun yang sudah lolos uji klinis.

  1. Salep Kulit

Beberapa bayi mengalami kondisi bintik merah yang parah dengan disertai rasa gatal. Ini membuat bayi menjadi rewel dan susah tidur. Anda bisa menggunakan salep kulit khusus bayi untuk mengatasi bintik merah pada bayi. Jenis salep yang digunakan memiliki kandungan bahan glukokortikoid. Anda bisa mendapatkan salep ini dengan meminta resep dokter terlebih dulu.

  1. Pakaian yang Nyaman

Bintik merah pada bayi salah satunya dapat disebabkan oleh pakaian yang tidak menyerap keringat. Pakaian ini akan membuat kulit bayi menjadi gerah dan akhirnya menimbulkan bintik-bintik merah. Biasanya kondisi ini terjadi juga didukung oleh faktor cuaca yang panas.

Jadi, salah satu cara untuk mengatasi bintik merah bisa dengan menggunakan pakaian yang nyaman untuk bayi. Pilihlah pakaian yang bahannya lembut dan menyerap keringat. Tidak hanya pakaian, tetapi juga dapat diterapkan pada jenis selimut, handuk, dan seprai yang akan digunakan untuk bayi.

  1. Menjaga Kebersihan

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah menjaga kebersihan bayi. Mandikanlah bayi secara rutin setiap hari dua kali sehari. Ini bertujuan agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel dan menyebabkan bintik merah. Jika Anda tidak sempat untuk memandikannya, lap lah badan bayi dengan menggunakan handuk hangat.

Cara menjaga kebersihan bayi juga dapat dilakukan dengan membersihkan bagian wajah bayi setiap selesai memberikan ASI. Hal ini karena bintik merah juga dapat terjadi karena sisa ASI yang dibiarkan menempel dalam waktu lama.

Bintik merah pada bayi dapat terjadi kapan saja, jadi Anda harus sangat hati-hati dalam merawat bayi. Tidak hanya nutrisi untuk tubuhnya yang perlu diperhatikan, tetapi pakaian dan perlengkapan bayi lainnya juga tidak boleh diabaikan. Apabila bintik merah tersebut tidak kunjung mereda, Anda bisa membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *