Cara Memasang Dasi Kupu-kupu yang Tepat

Cara Memasang Dasi Kupu-kupu yang Tepat

Tuksedo sering dipakai untuk berbagai kegiatan formal seperti acara kantor, undangan resmi, pesta pernikahan dan sebagainya. Pemakaian tuksedo sering dipadukan dengan dasi kupu-kupu agar penampilan Anda semakin menawan. Meskipun mengikat dasi kupu-kupu hampir sama dengan mengikut tali simpul sepatu, sebaiknya Anda tahu cara memasang dasi kupu-kupu yang tepat agar dasi tidak mudah terlepas setelah pemakaian jangka lama.

Cara Memasang Dasi Kupu Kupu

Sejarah dasi kupu-kupu

Sebelum Anda belajar teknik memakai dasi kupu-kupu sendiri, sebaiknya mengenal sejarah awal penggunaan dasi model satu ini. Dasi kupu-kupu diyakini dari evolusi model pakaian dan syal para tentara bayaran Kroasia “Croatin Mercenaries” pada abad ke 17. Ide dasar penggunaan syal tersebut menginspirasi masyarakat Perancis pada abad 18 dan 19. Kini, dasi kupu-kupu sering dipakai untuk gaya resmi hingga casual.

Selain itu, negara maju seperti Ameriak Serikat menganggap bahwa dasi kupu-kupu merupakan salah satu langkah menuju kedewasaan. Jadi, belajar cara memasang dasi kupu-kupu bisa menjadi langkah awal Anda belajar kedewasaan lho!

Berikut cara memakai dasi kupu-kupu yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

  • Mengukur dasi kupu-kupu yang pas

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengangkat kerah baju dan mengukur leher Anda dari dasar leher belakang ke depan. Ukur leher Anda agar bisa menyesuaikan panjang dasi dengan lubang kancing. Letakkan dasi kupu-kupu mengelilingi leher dan panjangkan salah satu sisi bagian lebih dari yang lain sekitar 4 sentimeter.

  • Mengikat dasi kupu-kupu

Silangkan bagian ujung yang lebih panjang di atas ujung lebih pendek hingga lilitan leher lebih lebar dan tidak kendur. Lilitkan ujung yang panjang di bawah persilangan  dua ujung dasi dengan cara salah satu tangan memegang titik pertemuan kedua ujung dasi di depan kerah baju dan ambil ujung panjang yang menggantung dan bawa ke titik pertemuan. Tarik sedikit lebih kencang dan bawa kembali ujung panjang ke sisi awal.

Lipat ujung dasi yang pendek dengan bagian lebar di sisi yang sama dan bentuk menjadi sebuah pita kupu-kupu. Jatuhkan ujung yang panjang di atas pertengahan bagian dasi yang kecil. Tekan kedua ujung dasi di depan ujung yang lebih panjang dengan cara mengambil sisi kanan dan kiri dasi yang terlipat secara horizontal dan tekan di depan ujung yang menggantung sehingga bagian yang menggantung ada di antara keduanya.

Masukkan bagian tengah ujung yang menggantung ke dalam simpul dasi sebagai langkah terakhir memasang dasi kupu-kupu. Celah dasi sendiri yang ada di belakang dasi kupu-kupu akan terbentuk saat Anda menekannya.

  • Tahap akhir menyelesaikan dasi kupu-kupu

Anda hanya perlu melakukan tahap akhir sebagai langkah menyelesaikan dasi kupu-kupu. Caranya  kencangkan dasi kupu-kupu dan tarik pita dasi secara lembut.  Luruskan dasi kupu-kupu bila terlihat bengkok dengan memelintir pita dasi ke depan atau belakang untuk memperbaiki posisi secara sempurna.

Dasi kupu-kupu Anda sudah jadi, tinggal turunkan kerah leher kemeja yang Anda pakai. Alangkah baiknya Anda selalu mengatur secara berkala agar dasi kupu-kupu tetap terpasang sempurna sepanjang pemakaian. Jadi, pemakaian dasi kupu-kupu tidak sama dengan memakai tali simpul sepatu yang senantiasa kencang.

Kini Anda bisa mencoba teknik memakai dasi kupu-kupu untuk pemakaian tuksedo atau jas hitam resmi. Dasi kupu-kupu yang terikat sempurna akan membuat Anda terlihat lebih manly. Jangan lupa memilih ukuran dasi kupu-kupu yang sesuai dan nyaman digunakan. Yuk, coba cara memasang dasi kupu-kupu yang mudah di atas ya!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *