Cara Membuat Salad Sayur yang Benar

Cara Membuat Salad Sayur yang Benar

Menu salad sayur semakin nikmat jika bahannya sama sekali tidak dimasak. Pencinta salad ini pun bukan hanya para dewasa saja, melainkan juga anak-anak. Kita bisa kapan saja membuatnya dengan cara yang sangat mudah. Sehatnya dapat dan mudah proses pengolahan juga akan didapatkan.

Salad Sayur

Salad pun bisa dimakan kapan saja, bisa selama 3 kali sehari kalau untuk Vegetarian. Untuk yang sedang diet pun bisa menjadi camilan sehat. Anak-anak pun juga bisa mengonsumsi salad ini sebagai camilan. Lebih sehat daripada membeli jajanan.

Namun untuk pembuatan salad sayur selama ini masih terlalu monoton. Itu-itu saja variannya. Padahal banyak kombinasi sayur yang bisa kita pakai. Yang terpenting adalah ada sausnya, baik berupa mayonaise atau yoghurt. Padahal ada banyak cara untuk membuat tampilan salad menggugah selera.

Plating pun juga menentukan kenikmatan salad untuk segera disantap. Kita bisa menggunakan mangkuk atau piring. Namun pastikan komposisinya pas dengan tatanan warna yang teratur.

Tips Membuat Salad Sayur yang Lezat

  • Tambahkan buah

Walaupun judulnya adalah salad sayur, bukan salad buah, namun tidak ada salahnya jika kita memvariasikannya dengan tambahan buah. Buah yang dipakai bisa apa saja, yang terpenting komposisinya pas. Biasanya adalah jeruk, anggur, alpukat, pepaya, menjadi buah yang paling banyak dipakai.

  • Benar-benar memperhatikan tampilan dari salad

Semua bahan harus dipotong. Ukurannya harus menyesuaikan. Kalau besar kecil tidak akan menarik. Pastikan ukurannya sama antara potongan bahan yang satu dengan lainnya.

  • Sediakan dalam porsi yang cukup

Tidak harus dalam porsi yang banyak. Kita bisa menggunakan mangkuk khusus untuk membuat salad. Apalagi untuk kita yang masih baru menjadi vegetarian, maka sangat dianjurkan untuk makan sedikit terlebih dahulu. Biarkan pencernaan beradaptasi.

  • Menyiramkan saus mayonaise di akhir pembuatan

Sebaiknya tidak mencampur saus menjadi satu kalau salad belum akan dimakan. Mengingat bahan sayur masih mentah, kalaupun sudah diganti pasti ada jamnya.

  • Menggunakan banyak macam sayur

Semakin banyak maka akan semakin banyak juga gizi yang akan kita dapatkan. Apalagi kalau sayuran yang dipakai adalah sayuran yang kaya akan serat, maka akan membuat kesehatan semakin terjaga.

  • Pilih sayur warna warni

Tidak harus serba hijau. Varian isi salad sayur yang berwarna-warni akan meningkatkan nafsu makan. Paduan wortel dengan bayam, sawi, kol, kacang panjang akan menjadi paduan yang bagus. Menarik untuk disantap.

  • Pemberian topping

Bisa dengan kacang polong atau kaca yang bolong merah di atasnya. Topping ini berfungsi sebagai pemanis. Topping bisa diidentikkan dengan sesuatu yang kriuk. Tidak harus kerupuk. Bisa kacang-kacangan atau keju.

  • Tunggu salad hingga dingin jika salad harus direbus terlebih dahulu. Kenikmatan menyantap salad adalah saat dingin.
  • Cuci semua sayuran yang akan dibuat salad sebersih mungkin. Karena sayuran yang akan kita makan adalah sayuran mentah, maka sangat disarankan untuk mencuci sayuran hingga bersih.
  • Masak sayuran dengan tepat. Jangan terlalu matang atau lembek, karena salad tidak akan terasa segar.

Pembuatan salad sangat mudah, karena bahan yang dipakai tidak dimasak. Kita bisa menggunakan sayur apapun. Tambahan jagung manis pun akan semakin membuat rasa salad semakin lezat.

Kunci dalam pembuatan salad sayur adalah menggunakan sayur segar. Tidak perlu memasaknya. Ini dikarenakan kandungan alami dari sehat dari sayuran mentah sangatlah penting. Sama seperti kita makan sayuran mentah namun dibantu dengan saus sehingga ala-ala makanan orang luar negeri.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *